Jelajah "Surga" Pantai Papuma Jember

Halo sob!

Kali ini hanifa mau dongeng sekaligus pamer hasil menjelajah ke Pantai Tanjung Papuma, Jember.  Slogannya sih "Surga di Balik Bukit". Bikin penasaran, apa lagi banyak yang bilang tempatnya indah! Cuek amat ama kulit menggelap, yang penting have fun!

Dan mentang-mentang mau tutup tahun, saya lagi rajin jalan-jalan. Sekalian biar blognya nggak karatan. Udah 300.000 lebih views loh.

Tapi jangan dibandingin sama blognya para seleblogger, jangan. Siapalah aku ini.
Terimakasih ya untuk temen-temen blogger yang masih bersedia mengunjungi blog ini, padahal udah ada foto anti tikus di bannernya..

Oke! Kita lanjutkan dongeng Surga Papuma~


APA ITU PAPUMA?


Papuma adalah pantai baru di Jember. Baru dibangun jadi tempat wisata sama pemda maksudnya. Lebih dikenal dengan nama Tanjung Papuma, tetanggaan sama Pantai Watu Ulo yang udah tenar duluan. Jaraknya sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Jember, atau karena saya dari Malang, maka 191 kilometer (via Balung) atau 153 kilometer (ala potong kompas).

RUTE MALANG - PANTAI PAPUMA


Kata Google Maps sih waktu tempuhnya 3 jam 15 menit. Jangan percaya. Itu cuma terjadi kalo kamu nggak butuh isi bensin, isi perut, ngeistirahatin pantat yang dipaksa diem berjam-jam, dan tanya-tanya ke warga karena petunjuk arah ke Papuma masih minim. Jangan lupa juga kondisi medan alias jalan berpengaruh dengan waktu tempuh.

Saya berhasil nyampe dalam 5 jam, tidak termasuk makan bakso di Piket Nol Pasirian dan isi bensin di Yosowilangun.

Rute yang saya lalui dari Kota Malang adalah Malang - Bululawang - Turen - Dampit - Ampelgading - Pronojiwo - Tempeh - Kencong - Gumuk Mas - Puger - Ambulu - Papuma.
Sengaja ditulis daerah-daerahnya biar nggak bingung kayak saya. Iya, ini nggak lewat pusat kota Lumajang. Pas di pertigaan Tempeh, ambil jalur kanan ke arah Yosowilangun. Trus potong kompas lagi kalo ga salah di daerah Puger. Nggak lewat Balung. Abis gitu hape yang dipake GPS mati, dan gak tau timur-barat kecuali dari tanya warga beberapa kali. Terimakasih warga Jember...

YANG SURGA DARI PAPUMA ADALAH...


Satu : biayanya. Mentang-mentang mau tahun baru, tiket masuk yang biasanya lima sampai delapan ribu jadi EMPAT BELAS RIBU. Termasuk tiket parkir yang ujung-ujungnya bayar parkir lagi di dalem. Belum lagi biaya bensin dari Malang ke Papuma. Belum makannya. #eh

Dua: Pantainya biru dan pasirnya putih!

Ini ciyus. Lihat dulu deh. Ombaknya lumayan, tapi nggak cukup tinggi. Asiknya lagi, sampe beberapa meter dari pinggir pantai masih berupa pasir! Beda sama pantai-pantai selatan lain yang rata-rata dihuni karang tajam yang lebih berbahaya dari ombaknya.

woohooo!


Ikon kebanggaan pantai papuma adalah karang ini. Namanya Batu Kajang. Ada juga kepulauan karang Narada (baca: narodo), Batara Guru, Kresna, Nusa Barong, dan Pulau Kodok.

Kajang & Narada

Kata peta lokasi, Tanjung Papuma sebenernya punya hutan satwa. Sayangnya lagi, nggak sempat lihat. Trus juga katanya ada gurita, tapi nggak tahu juga. Taunya gurita bakar yang dijual sama pedagang di pantai. Bisa juga naik perahu dan tour di tengah lautan untuk menikmati pantai Papuma yang indah ini. Tapi lagi-lagi, nggak nyoba. Dan ada pula Pantai Malikan di sisi lain Tanjung Papuma yang katanya bisa mengeluarkan nada seperti musik ketika terkena ombak. Tapi ya... ah sudahlah.
klik untuk zoom dan liat keterangannya, bukan buat lihat cewek di foto.

Plis jangan protes, saya sendiri karena salah jadwal cuma bisa menikmati pantai indah ini selama 3 jam, padahal perjalanannya sekitar 9 jam pulang-pergi. Kayaknya ini penjelajahan gagal yak?!

 Ah minimal udah menikmati pantai indahnya~

Tiga: sampahnya.

Maklum, maklum banget kalo namanya tempat wisata di Indonesia pasti kebersihannya kurang. Herannya, orang-orang juga cuek sama kebersihan. Para pendaki pasti ingat foto Ranu Kumbolo yang sekarang digunungi sampah "wisata", padahal itu puncak kebanggaan para pendaki. Begitu pun Pantai Papuma yang katanya surga, tetep nggak luput dari sampah.

dari fesbuknya Alvoinita
Guys, kalian yang masih pemuda, yang katanya Agent of Change, tolong bantu jaga kebersihan tempat wisata di Indonesia ya. Kasian banget tempat-tempat indah jadi nggak enak dipandang karena tingkah kita sendiri


Sekian dulu kisah jelajah surga Pantai Papuma dari saya. Oh iya, nggak tau kenapa, sebenernya pengen banget punya misi Jelajah Jawa Timur buat mengunjungi tempat-tempat keren se-Jawa Timur. Atau minimal One Place One Levitation. Yang pertama lagi proses, sedangkan yang kedua sedang diusahakan. Paling enggak, Jember udah dapat satu levitasi dari saya, haha!

see you bye bye~

Imaniar Hanifa

Pemburu keindahan pagi. Penikmat semesta. Pengagum Indonesia. Introvert yang suka terlibat aktivitas sosial.

46 komentar:

  1. Wah aku malah zoom foto ceweknya, cantik lagi. Aku pembaca yang gagal :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. pantainya keren sekali...

      salam kenal dr solo.. http://citramediatica.com/

      Hapus
  2. aarrrgghhh, jadi pengin ke sana

    BalasHapus
  3. Padahal katanya masih sepi gitu ya, kok sampahnya udah mulai numpuk. Agak disayangkan. Tapi karangnya kereeeen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. rame kok, apalagi musim liburan kayak gini.

      iya itu emang iconnya Pantai Papuma :D

      Hapus
    2. Cepatlah kau jalan-jalan lagi dan tulis di siniiiii!!

      Hapus
  4. keceehhh bingitt, apalagi itu yang terbang, yahh...memang soal sampah itu merupakan salah satu masalah memprihatinkan tidak nhanya di sini, tapi di hampir semua pantai pesisir Jawa, seperti Prigi, Pasir Putih (Trenggalek) dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang keceh orangnya kan? makasih loh. :3

      semua tempat bagus kalo udah dibuka untuk wisata pasti kena sampah :(

      Hapus
  5. cantik banget pantainya,negri indonesia top lah ^_^ ,main"ke blogku ya kalau sempat hehe

    XOXO
    http://leeviahan.blogspot.com

    BalasHapus
  6. wah pemandangannya indah ... kapan ya bisa kesana hehe

    BalasHapus
  7. Halloo mba, saya berkunjung...

    Wah wah kereeeen keceee banget ya... *Masuk list wajib kesana (kebanyak list wajib tapi g tau kapan bisa kesana)
    Btw,,, kalau dikampung saya Kaltim. Batu Kajang itu nama daerah lho mba... xixixix

    BalasHapus
  8. Cakep mbak, pantainya ^^

    Nanti deh kalau ke Jember, semoga bisa mampir hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus mampir mbak :D
      pantai di Jember pasirnya masih putih ^^

      Hapus
  9. Wih, indah nian :)
    tika suka skali pantai!

    BalasHapus
  10. duh batu karangnya itu lho yg bikin penasaran buat ke sana... :O

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. itu batu karang icon Papuma, jadi kalo lihat foto karang itu udah pasti Papuma :D

      Hapus
  11. Selamat datang di Jember, masih banyak pantai indah di Jember, tapi konon katanya masih kalah sama Sempu di Malang. Apa bener yak @_@ belum pernah kesana sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, iyaa dong. Segara Anakan di Sempu itu indahnya juara!

      Terimakasih :D

      Hapus
    2. Rumah saya, 1 jam dari Sempu. Just wanna say, sempu gak seindah jaman saya masih bocah. :) Ya memang masih "bagus" sih, tapi tangan2 jail para pelancongnya yang bikin sempu menjadi kotor. So, kalo mau ke Sempu atau ke pantai manapun. Jangan pernah nyampah atau ninggalin sampah ya. Terutama buat mak2 yang biasanya doyan bawa nasi bungkus ke pantai. hehe..

      Nice review Papuma-nya sist. :)

      Hapus
    3. lah, tetanggaan sama saya dong? :O

      Hapus
  12. wah di jember ada pantai seindah ini? really.... pengin banget ke sana

    BalasHapus
  13. wah destinasi wisata selanjutnya nih mbak :) keren

    BalasHapus
  14. Keren banget aseli pantainya, jadi pengen kesana :")
    tapi itu perjalanannya hampir sama kayak Bogor-Bandung :(
    kapan2 ajak aku kesini dong :P

    BalasHapus
  15. selamat datang di kotaku, di jember. Masih banyak tempat2 yang cukup ok di jember buat di datengi, kapan2 mungkin bs dateng lagi ke sini. Salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga :)
      rekomendasiin dong tempat-tempatnya ^^

      Hapus
  16. suka jalan-jalan ya? harga tiket masuknya walaupun engan alasan tahun baru masih tergolong murah lah. jd penasaran pengen ke Papuma :))

    BalasHapus
  17. ada bandealit, pantai nanggelan, pabrik coklat, itu yang lumayan mb menurutkuu hehe

    BalasHapus
  18. kerenn bangett.. pengen banget kesana.. penasaran sama batu karangnya :)

    BalasHapus
  19. cantik banget ceweknya, eh pantainya
    maap salah pokus :)

    BalasHapus
  20. Papuma mmg keren, menikmati pantai pasir putih sambil makan seafood yg di jual di pinggir pantai nya itu mantap kali :-0

    BalasHapus
  21. udah denger sih kalau bagus cuman belum pernah kesana :p

    BalasHapus
  22. Woooow...jadi pengen kesana o.o

    BalasHapus
  23. Bagus yah pemandangannya.......

    BalasHapus

Moderasi aktif | Komentar akan muncul setelah dimoderasi.