Singapore Day 1 : Backpacker to The Iconic Place

Cailahhh, judulnya pake english bray~
Iyain aja. Lagian diketiknya suka-suka banget, soalnya moderasi komentar rame. Iya, posting pembuka, Sinetron 4 Hari 3 Malam di Singapura banyak yang protes gara-gara bikin penasaran. Ngahahaha~~~

Pertama-tama, rilis itinerary dan total biaya ya. Catatan, biaya pesawat dan penginapan bisa berbeda tergantung kapan kamu berangkat ya.



  • Biaya pesawat Garuda Indonesia 27 Juni 2013 :  S$ 168. Udah dibayarin.
  • Airport tax Soekarno-Hatta : Rp 150.000
  • Makan : S$10
  • Penginapan di City Backpackers Hotel : S$ 21. Nggak jadi, nginep di Changi Airport.
  • EZ-Link Card : S$ 12. Pinjem kakak, top up $10 aja.
Dengan kurs beli Rp 8.025, maka Total biaya Singapore Day 1 adalah Rp 1.827.225 Rp 230.250. Sesat ya? Hehehe. Sekarang tau kan kalo senjata utama ngirit adalah PINJEM EZ-CARD, NGINEP DI CHANGI, BAWA BEKAL SENDIRI.
http://eemoticons.nethttp://eemoticons.net
Rencana kunjungan hari pertama saya adalah iconic place of Singapore, alias tempat-tempat yang kalo kita datengin, ya itu Singapura! Kayak kalo ke Monas pasti ke Jakarta, bukan ke Seoul. Ya kan :D
Ini dia daftar tempat yang (rencananya) saya kunjungi:
  1. Changi Airport (karena naek pesawat)
  2. Clarke Quay
  3. Fullertown
  4. The Merlion
  5. Raffless Landing
  6. Esplanade
  7. Marina Bay
  8. Chinatown
Namanya rencana, pasti ada gagal-gagalnya. Dan emang. Chinatown pindah ke hari terakhir, Raffles landing dibatalin karena "males". Tapi yang gak jadi-gak jadi pasti bisa menghadirkan tempat lain yang jadi-jadian

Apa aja? Yuk kita mulai episode pertama : Singapore Day 1 !

SCENE 1 : BANDARA STORY


Flight kami (bedua sama kakak cowok) berangkat jam 8 pagi. Artinya, kami berangkat jam setengah 6 pagi dari Jakarta Selatan ke Bandara Soekarno Hatta. Meluncur ke Terminal 3 Gate E, semua alhamdulillah serba lancar. Bekal nggak disita, air minum udah diabisin, petugas imigrasi nggak ribet. Sarapan udah termasuk dalam tiket pesawat, jadi kami nggak perlu bingung mau makan apa entar. Omelet dan roti plus jus jambu udah cukup mengenyangkan!
omnomnomnomnom

Kira-kira 10 menit sebelum mendarat, pramugari bakal ngasih Kartu Embarkasi. Isi dengan lengkap buat disetorin ke petugas imigrasi nantinya.

Begitupun ketika pertama menjejakkan kaki di Changi Airport. Petugas cukup ramah kok, nggak ada aneh-aneh atau galak. Turun dari gate A17, menjalani pemeriksaan yang tak bermasalah, kami langsung jalan ke Lounge. Iyalah, norak-norakan di Bandara. Maklum gak pernah ke luar negeri. *jujur* Dan memang sebaiknya jangan langsung keluar bandara. Gate A17 ke pintu keluar itu bisa 15 menit jalan santai!

changi's garden
Ada banyak fasilitas publik di Changi Airport. Salah satunya, Garden di atas itu. Bisa juga mampir ke Internet Kiosk buat numpang update status. Bisa juga selonjoran sambil nonton TV di Lounge. Kalau kamu beranak (maksudnya punya dan bawa anak!), ada tempat bermain juga.

Pilihan saya sih, benda ini.
mesin pijat kaki!!

Nirwana perjalanan banget ini... Padahal belum jalan-jalan di Singapura, tapi udah pijet duluan aje :D
Dan sebagai backpacker dengan bekal, isi penuh botol minum di water tap. Lokasinya biasanya deket-deket toilet, jadi tersebar di banyak area bandara. Jangan lupa mampir taman-taman bandara. Kalau mau, bisa juga pake fasilitas Skytrain, kereta cepat penghubung antar terminal bandara Changi.
Changi's Skytrain
Karena suasana tambah sepi, aku baru sadar kalo belum klaim bagasi kami. Barang berharga itu!! Carrier 70 liter berisi seluruh perbekalan kami.. Wuah! Akhirnya kami turun (dari lantai 2 ke B1) dan minta stempel imigrasi. Kartu embarkasi juga diminta, tapi sepotong lagi kita simpan buat pulang. Jangan sampe ilang, atau kagak bisa balik, okeh? Petugas pemeriksaan barang, orang Melayu, sangat ramah lho. Nggak kayak petugas imigrasi yang ganteng tapi poker face itu, hehehe.

Lanjut menuju stasiun MRT Changi Airport di antara terminal 2 dan 3. Siapkan EZ-Link Card kamu, ya. Beli seharga S$ 12, saldonya S$7. Kalau saya pinjem kakak, masih ada saldonya S$ 3,99 tinggal top-up S$ 10 saldonya jadi S$ 13,99.
http://eemoticons.nethttp://eemoticons.net
Kalo naik MRT gimana-gimananya, nggak perlu diceritain ya? Udah ada peta jalur MRT yang mudah dipahami. Kalaupun bingung atau harus pindah jalur, bisa tanya petugas atau dengerin informasi kereta.

SCENE 2 : LOST IN CLARKE


Kami turun di stasiun Clarke Quay. Buta arah! Gatau arah! Karena buta arah dan nggak ada locality map, jadi kami jalan mengikuti Biksu Tomsamcong kata hati ke arah utara, lalu melewati underpass di bawah jembatan. Dan inilah suguhan pertama kami.

Cavenagh Bridge

Masih buta arah, kami memutuskan menyeberang jalan dan menemui...
parliament of singapore
Dari sini, bau-bau wisata mulai terasa. Hehehe...

Kami jalan ke arah timur, melalui Fiedler field menuju Esplanade. Ada monumen Lim Bo Seng Memorial  dan  Tan Kim Seng Fountain di Esplanade Park ^^
War Memorial
Tan Kim Seng Fountain

Lanjut jalan lagi ke Esplanade. Masuk dong, pengen tahu dalemnya Esplanade apa. Ada mall dan kebetulan hari ini adalah harinya Bay Beats 2013 di Theatres on The Bay. Aku beruntung!
Sayang karena datengnya siang-siang, view-nya kurang bagus. Tahu sendiri kemegahan Singapura di area sini justru pada malam hari.
Di seberang ada Marina Tower and Sky Park yang khas, tiga tower berjajar melengkung dengan sebuah kapal tersangkut di atasnya. Kalau mau lebih norak, anggap aja itu ikan lele godzilla yang terdampar.
LELEZILLA.http://eemoticons.nethttp://eemoticons.net


Oh, ternyata Merlion di seberang sana! *tunjuk-tunjuk, kan tadi gak tau arah*
Yasudah, kami berjalan menuju The Merlion.

SCENE 3 : THE ICONIC PLACE OF SINGAPORE

(foto menyusul!)

The Merlion, monumen singa setengah ikan yang menjadi ikon Singapura. Di sini tiap hari rame turis yang mau foto-foto. Kalau mau dapat foto bagus, pinter-pinter aja deh... Hehe.

PS: tante-tante dan nenek-nenek etnis Cina di sini suka seenaknya sendiri. Ati-ati aja kalo tiba-tiba disemprot atau diusir, hehe.

Jalan ke arah Fullertown di selatannya.. Sepi. Iya lah. Clarke Quay dan sekitarnya itu hidup hanya malam hari deng. Foto-foto sama apa aja yang keliatan keren deh. Ada Fullertown Hotel, patung The Thinker, monumen The Movement.

From Fullertown

SCENE 4 : A NIGHT TO REMEMBER


Sorenya kami baru jalan ke Marina Bay. Kompleks di tepi Singapore River ini bersih meskipun ramai. Banyak yang nunggu sunset juga di sini bareng keluarga atau pacar. Sementara di sebelahnya, ada Marina Bay Sands. Pasir? Bukan. Ini mall. Plus di sisi sungai ada outletnya Louis Vuitton.  Sementara gedung berbentuk bunga teratai yang dikelilingi kolam teratai adalah Artscience Museum. Tsakep!


Begitu matahari terbenam, semua seketika berubah. Gedung-gedung dihiasi lampu menawan, musik menghentak seru, plus pertunjukan air mancur dramatis di Marina. Keren! Nggak bisa motret apa-apa karena sibuk terpesona.

Abis gitu coba jalan melalui Helix Bridge ke arah Singapore Flyer. Kalo cukup duit, silakan beli tiket untuk dinner mewah di kabin-kabin flyer, atau sensasi naik pesawat jet pribadi.
Singapore Flyer

Masih ada duit berlebihan? Geser dikit ke F1 Circuit. Sewalah mobil sport di sana dan bebas keliling kota! Saya? Cukup tau aja... *lirik dompet yang agak kurusan*

Di deket Singapore Flyer ada sisi sungai yang banyak dipake remaja maupun dewasa muda pacaran. Hehehe. Lihat apaan emang, kan Marina Bay dan Fullertown di bagian sungai yang lain? Oh ternyata Gardens By The Bay, pemirsa!

Gardens by The Bay

Sayangnya waktu udah menunjukkan pukul 9 malam saat saya jalan-jalan di area sini, jadi nggak sempat foto-foto. Takut ketinggalan MRT yang katanya cuma beroperasi sampe jam 11.. Pulang kemana? Hostelnya kan batal? Ya ke Changi Airport dong! Mhuahahahaha~~~

Njujug aja ke Terminal 1 atau Terminal 3. Ada banyak kursi yang bisa dipakai istirahat. Bisa ke Departure Hall sih, tapi mending di Arrival Hall karena banyak juga orang yang nginep karena pesawatnya baru datang tengah malam.
a hall? a seat? no, it's a bed!

Oiya, karena saya makan bekal roti, nggak ada budget makan dong? Don't worry, saya bisa sarankan makan hemat di Airport Staff Canteen dengan budget S$ 5 atau McDonalds di Changi Airport dengan budget yang sama. Kalau makanan di luar, bisa coba kuliner setempat di area Clarke Quay dengan budget hitung sendiri.. hehe.

Lesson learned:
Kalo ke Clarke Quay, Marina Bay, atau daerah-daerah yang saya kunjungi di sini baiknya malam hari.  Nongkrong di area Fullertown menghadap Singapore River untuk melihat pemandangan Marina dan Esplanade.
Siangnya mending mengunjungi monumen di sisi utara ^^
http://eemoticons.nethttp://eemoticons.nethttp://eemoticons.net
Okeh, udah dulu untuk posting nan panjang ini. Tunggu episode berikutnya yaa..

Imaniar Hanifa

Pemburu keindahan pagi. Penikmat semesta. Pengagum Indonesia. Introvert yang suka terlibat aktivitas sosial.

14 komentar:

  1. Pengen banget ke singapore :)

    BalasHapus
  2. sayang sekali fotonya cuman sedikit

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada 700 foto, mau diupload semua? -__-

      Hapus
  3. kwkkwwkw kocak dan seru abis tuh :v

    BalasHapus
  4. Wah seru nih.. Gambarnya lengkap! :D

    BalasHapus
  5. Seru abis jeh :-D
    ditunggu lapsus hari2 berikutnya ;-)

    BalasHapus
  6. Seru gila tuh, ini post yg ke dua ya?

    BalasHapus
  7. Jangan lupa minum es krim kotak yang 1 sgd klo di sekitaran merlion, fullerton hotel. Salam kenal yaa.. Semoga bisa saling share soal travelling.hehe

    BalasHapus
  8. seru ya nge-backpackernya. Lain kali ajak boleh ya heheheh :3

    BalasHapus
  9. woaa.. itu sih bukan backpacker wong tiketnya udah dibayarin :))
    Paket pesawat singapore lumayan murah daripada garuda indonesia. Kemarin aku dapet 167ribu beliin temen :D

    BalasHapus
  10. Belum kesampean saya kesana -,-

    Widih, sebelum kesana wajib menukarkan rupiah ke dolar dulu ini mah :D

    BalasHapus

Moderasi aktif | Komentar akan muncul setelah dimoderasi.